Thursday, 26 June 2014

Macam - macam permainan di desa kembangan

Pada dasarnya setiap kelompok, atau suku pasti mempunyai beberapa permainan, fungsi permainan itu sendiri amat banyak sekali, tergantung bentuk permainan apa yang akan dimainkan. semisal, untuk menghibur hati yang sedang galau, menyambung tali silaturahmi, mengadu ketangkasan, sebagai sarana olah raga ,dan lain-lain. Dalam halaman ini saya ingin mengajak para pembaca untuk mengingat - ingat dan seharusnya setelah membaca halaman ini menjadi pemacu pelestarian permainan daerah kita.
Nah ini beberapa nama permainannya:


  1.  SEPERENG

Permainan ini pada dasarnya adalah permainan kejar kejaran satu orang mengejar beberapa orang dan menebak siapa nama samaran orang yang ditangkap, kemudian salah satu orang yang tertangkap tadi membantu mengejar orang yang belum tertangkap.


  • Banyak Pemain 
              Permainan ini minimal di lakukan dengan dua orang, saran admin lebih banyak pemain lebih seruh.
  • Waktu Permainan 
Permainan ini bisa di mainkan di siang hari bahkan malam hari, tp lebih seru pada saat bulan purnama (selepas isya'. )
  • Alat permainan
Permainan ini tidak memerlukan alat, jadi tidak perlu menguras kantong . tidak seperti permainan anak jaman sekarang sudah tidak mendidik mahal pula.hehe

  •  Cara permainan
Cara permainannya sangat mudah, pertama - tama kumpulkan teman-temanmu ,dan bentuk formasi melingkar, kemudian lakukan sepereng (untuk mengundi) siapa yang akan mengejar  , dan wajib membaca mantranya, tetapi sebelumnya salah satu tangan dari masing - masing pemain harus di kumpulkan di tengah lingkaran para pemain. usahakan lebih dekat agar pada saat mengundi bisa tersentuh tangannya,. begini mantranya " sepiring dua piring seperak dua perak siapa namannya harus di jawab dengan lengkap satu persatu" mantra tersebut di baca sambil salah satu tangan pembaca "mantra"  menyentu satu persatu tangan pemain searah jarum jam , agar lebih seru teman-teman ikut membaca mantranya.,

Setelah mantra habis di baca dan putaran sentuhan tangan berhenti disalah satu pemain. pemain yang tersentuh terakhir tadi wajib menyebutkan namanya (biasanya nama samaran) contoh "godigol mangan jempol" , "cecek A", dan lain lain asal kan yang mempunyai nama ingat namanya ( nama samaran) tadi. jika sudah menyebutkan nama langsung diundi lagi . sekali lagi yang pengundi membaca namanya yang disebutkan tadi semisal "godigol mangan jempol" pada saat menyebutkan nama sembari menyentuh satu persatu lagi tangan pemain di mulai dari yang menyebut nama tadi. terkadang nama yang disebut dan dibaca tadi berhenti ditangan penyebut tetapi tidak jarang akan meleset ditangan sebelah.

 Pada intinya tangan yang terakhir tersentuh pada saat pengundi membaca nama, itulah yang akan menyandang nama tersebut dan menjadi pemain yang di kejar dan wajib mengingat nama yang telah disebutkan. kemudian yang sudah terpilih untuk menjadi pemain pelari mundur atau keluar dari lingkaran untuk siap - siap lari. nah itu baru satu pemain yang terpilih menjadi pemain yang dikejar. lakukan hal yang sama dengan nama yang berbeda-beda sampai pemain tinggal satu. pemain yang tidak mempunyai nama itu adalah pemain yang mengejar para pemain yang mempunyai nama samaran. seru.. bukan. hehe.

Setelah pengundian , maka segera dilakukan kejar mengejar sambil pemain yang mengejar mengingat ingat wajah dan nama samaran yang akan ditangkap." grudug grudug grudug lariii." oia sebelumnya area lari harus ditentukan agar tidak melebar saat pengejaran ,"kasian yang ngejar"hehe. setelah tertangkap satu pemain harus wajib disebut nama samaran tadi. jika lupa akan dilepas lagi ( salah menyebut nama tiga kali maka akan dilepaskan lagi)  mirip terblokirnya kartu ATM saja hehe. jika penangkap lupa maka harus dilepas, dan pada saat mau dilepas pelari wajib mengingatkan namanya tadi kemudian baru lari lagi. jika pemain pelari tertangkap lagi dan dapat disebut namanya pemain tersebut akan menjadi teman pemain penangkap., seru bukan hehe. lakukan penangkapan sampai pemain habis tertangkap. jadi inget masa lalu., hehe salam warga kembangan.


  1.   ENGKLE PANDE

Permainan ini pada dasarnya adalah permainan yang mengadu ketangkasan para pemain , mengandalkan kekuatan kaki agar  kuat berdiri dengan satu kaki, akurat pada saat melempar batu, kerjasama yang baik harus dibangun disana ,dan  kekompakanlah untuk mengumpulkan nilai adalah kuncinya dalam permainan ini.
  • Banyak Pemain 
              Permainan ini minimal di lakukan dengan dua pasang orang, saran admin jangan banyak banyak, jika ada banyak teman yang kumpul bagi menjadi beberapa kelompok permainan saja.
  • Waktu Permainan 
Permainan ini harus dimainkan disiang hari karena jika malam hari tidak akan terlihat batu yang digunakan sebagai properti permainan ini.
  • Alat Permainan
Properti atau alat yang digunakan adalah batu pipih, pilih batu pipih yang bisa berdiri karena pada dasarnya intinya permainan ini adalah menjatuhkan batu yang berdiri.
  •  Cara permainan
Cara permainannya sangat mudah, pertama - tama seperti biasa  kumpulkan teman-temanmu ,dan bentuk formasi melingkar, kemudian lakukan "hompimpa" (untuk mengundi) pengelompokan teman.
mantra hompimpa __>>" hompimpa alaihum gambreng., " jika sudah terbagi menjadi dua grup semisal satu grup mempunyai 3 anggota.

Sebelumya harus menyiapkan arena permainan., cari pelataran yang agak luas , jika sudah menemukan pelataran nya. maka segera membuat garis lurus . Tiga garis sejajar dengan jarak selangkah. lihat gambar gambar diatas. kemudian undi lagi untuk mencari grup mana yang mencari nilai dulu atau siapa yang main dulu. bisa dengan lempar koin atau pingsut seperti biasanya.


Nah sebelum permainan di mulai ada beberapa langkah langkah permainan!!

1. Para pemain yang kalah undian memasang batu andalan (gancoe) di garis no 1.
dan minggir ke sebelah garis seperti gambar diatas agar tidak terkena lemparan batu.

2. Para pemain yang menang undian kita sebut saja pemain pertama. untuk berdiri di garis no 3 dan siap- siap untuk melempar batu andalannya (gancoe) istilah jaman dulu "mek uncal " . disini para pemainpertama harus bisa menghantamkan atau melemparkan batunya mengenai batu pemain kedua. Jika lemparan  tidak ada yang bisa mengenai  masih di beri kesempatan melanjutkan permainan dengan melakukan timpukan dari titik dimana pada saat lemparan pertama tadi, tapi sebelum melemparkan batu para pemain harus berjagling dulu dengan cara melemparkan batu keatas lewat selangkangan (kaki diangkat satu) kemudian ditangkap, kalau sudah ditangkap barulah lemparkan batu (gancoe) ke batu lawan. jika salah satu berhasil bisa melanjutkan ke step permainan kedua jika gagal semua lemparan pemain pertama tidak ada yang bisa mengenai batu lawan maka permainan di gantikan dengan pemain  kedua.

Oia teman pemain yang tidak bisa melakukan boleh di bantu temannya yang bisa tp diberi  kesempatan  hanya sekali utuk membantu. untuk nilai jika batu pemain terjatuh pada saat lemparan dari garis no 3 maka dapat poin 10 jika jatoh pada saat lemparan setelah jagling maka akan mendapat poin 5.
3. Step selanjutnya adalah melakukan teldangan yang mana batu (gancoe ) diletakan di atas punggung kaki didepan mata kaki dan di hantamkan ke batu lawan permainan ini adalah melanjutkan permainan yang pertama sayaratnya harus lolos "mek uncal" terlebih dahulu dan dilakukan di garis nomor 2. syarat nya sama dengan permainan mek uncal jika ingin melanjutkan ke setep selanjutnya. dan nilai yang diperoleh disini adalah 5 poin. oia sebutan untuk step ini adalah "mek oncrot".

4. Nah ini adalah step trakhir untuk permainan engkle pande dengan sebutat "mek okal akil". pemain pertama melakukan permainan ini diawali dengan berdiri di garis nomor 3 dan meletakkan batu di punggung seperti halnya dilakukan posisi dalam step "mek oncrot". tetapi bedanya dengan permainan di garis no 3 ini adalah para pemain harus mengangkat kakinya yang di atasnya terdapat batu (gancoe) kemudian dengan sisa kaki yang masih menempel ditanah mereka harus berusaha loncat atau berjalan dengan satu kakinya tadi sampai ke garis no 1 dan menghantamkan batu yang berada dikaki yang diangkat tadi ke batu lawan. dan jika para pemain pertama jatoh atau menjatuhkan batu sebelum garis ke 2 maka dianggap gagal dan jika jatoh setelah garis kedua maka para pemain kedua menghukum dengan membuang batu yang jatuh ke tempat yang agak jauh dari batunya (gancoe) yang dipasang di garis nomor 1 (sebelum melempar para pemain kedua melakukan jagling seperti step 1) baru kemudian melemparnya. kemudian para pemain pertama melakukan hal yang sama dengan step pertama , jagling dan melempar batu lagi untuk menjatuhkan batu pemain kedua. jika masih gagal maka dianggap gugur dan permainan diganti dengan pemain kedua. untuk nilai jika dari garis no 3 melakukan "ukal akil " sampai garis no 1 maka akan mendapat poin 10 jika dilakukan dengan tangan (stelah jagling tadi lo) maka mendapat nilai 5. oia adapun peraturannya pada saat melakukan "ukal akil" para pemain tidak boleh menginjak garis no 2. jika di injak pemain akan gugur.



jika ada yang kurang monggo dikasih tambahan .,, hehe selamat mencoba...!!


  1.   SORO GENDEM

Permainan ini pada dasarnya adalah mencari teman tetapi dengan mata tertutup. teman yang lain berjalan jalan untuk menghindari tangkapan.

  • Banyak Pemain 
              Permainan ini minimal di lakukan dengan 3 orang, saran admin lebih  banyak lebih rame dan semakin seru,.
  • Waktu Permainan 
Permainan ini bisa dilakukan kapan saja, tetapi kalo saya waktu kecil dulu lebih seru dilakukan malam hari selepas sholat isya' dipelatarn rumah. lebih menyentu kebersamaan di tambah sinar bulan purnama yang terang. hehe jadi keinget..
  • Alat Permainan
Alat permainan ini cukup mudah dicari yang penting bisa menutupi mata si pemain sebagai penangkap cotoh dengan menggunakan sarung, potongan kain bekas, dll
  •  Cara permainan
Cara permainannya sangat mudah, pertama - tama seperti biasa  kumpulkan teman-temanmu ,dan bentuk formasi melingkar, kemudian lakukan "hompimpa" (untuk mengundi) siapa yang menjadi penangkap.

Sebelumya harus menyiapkan arena permainan., cari pelataran, pelataran tidak perlu luas , jika sudah menemukan pelataran nya. maka segera menentukan batas kita menghindari si penangkap.
permainan ini cukup mudah dilakukan , jika sudah mendapatkan siapa yang sebagai penangkap maka segera tutup matnya dengan sarung atau penutup mata lainnya. setelah itu putar selama 3 x badan si penangkap dan lepas kemudian tugas penangkap adalah menangkap teman teman lainnya.

Jika ada yang tertangkap maka dia akan menggantikan posisi penangkap sebelumnya., tetapi dengan syarat penangkap harus tahu siapa nama pemain yang ditangkap tadi, ya usaha dari si penangkap, ,mboh ngapal ambu ringete, mboh jalan ambekane,. pokoke yang di tangkap juga harus menahan nafas dan kalo bisa ojo kentut. . gila aja kalau ada si penangkap yang menghapal sampai bunyi dan bau kentutnya ,. bagaimana seru bukan., hehehe

jika ada yang kurang monggo dikasih tambahan .,, hehe selamat mencoba...!!


  1.   BENTENGAN

Permainan ini pada dasarnya adalah permainan yang kompleks dan mengutamakan kecepatan berlari, dalam permainan ini terdiri dari 2 tim yang harus mengamankan bentengnya dan anggota timnya agar tetap utuh. misi dari permainan ini adalah menguasai benteng lawan.

  • Banyak Pemain 
              Permainan ini terbagi menjadi 2 tim terdiri dari beberapa orang saran admin lebih banyak orang lebih seru..
  • Waktu Permainan 
Permainan ini bisa dilakukan kapan saja, tetapi kalo saya waktu kecil dulu lebih seru dilakukan malam hari selepas sholat isya' dipelatarn rumah. lebih menyentu kebersamaan di tambah sinar bulan purnama yang terang. hehe jadi keinget..
  • Alat Permainan
Alat permainan ini cukup menggunakan 2 (dua) tiang saja yang kokoh. seperti tiang teras rumah, pohon 2 besar yang berhadapan dan lain-lain. (Contoh liat gambar di atas)
  •  Cara permainan
Cara permainannya sangat mudah, pertama - tama seperti biasa  kumpulkan teman-temanmu ,dan bentuk formasi melingkar, kemudian lakukan "hompimpa" (untuk mengundi) membagi beberapa orang menjadi 2 tim saja.

Sebelumya seperti biasa harus menyiapkan arena permainan.,( lihat gambar diatas ) cari arena yang lapang tetapi jika tidak terlalu luas juga tidak apa- apa. , jika sudah siap semua maka kita bisa memulainya.
permainan ini cukup mudah dilakukan , jika sudah dibagi menjadi 2 (dua) tim maka segera menempati bentengnya masing-masing bisa lihat gambar admin memberi contoh benteng "A" dan benteng "B".
masing-masing tim berusaha merebut benteng lawan.

Syarat - syarat untuk merebut benteng lawan.
              sebelumya kita contohkan pemain A dan B saja biar mudah diterima pembaca penjelasannya. jika ingin memenangkan permainan salah satu pemain A harus menyentuh benteng B tetapi sebelum menyentuh benteng B harus menyentuh benteng sendiri terlebih dahulu (benteng A) fungsinya untuk hidupkan status. "on" atau "off" kalau jaman dulu "wani atau "ora wani" sedangkan tugas anggota benteng B adalah melindungi bentengnya. dengan cara mengawasi dan melindungi benteng B  agar anggota benteng A tidak mudah menyentuh benteng B. nah tadi admin sudah menyinggung istilah sederhana on atau off. sebenarnya ini berfungsi sebagai kekuatan dalam permainan ini ., jika si penjaga dari benteng B lupa menyentuh benteng maka kekuatan akan hilang dan lawan dari benteng A yang tadi sebelum menyerang sudah menyentuh bentengnya bisa dengan leluasa menguasai benteng B. kemudian jika anggota tim B sudah siap - siap meng on kan statusnya maka anggota A jika tersentuh anggota B yang menjaga akan bersetatus tertangkap. dan di penjara di garis sebelah benteng B (lihat pada gambar ada garis sebelah pohon dan ada beberapa gambar orang bediri di garis penjara.). bagaimana pembaca sudah sedikit ada gambaran bukan.

nah para pembaca disini ada sisi dramatis juga, yaitu  pada saat penyelamatan anggota. untuk misi penyelamatan sebelum menyelamatkan harus menyalakan setatus "on" terlebih dahulu.  jika anggota yang tertangkap kita misalkan saja anggota tim A tertangkap maka teman yang menyelamatkan harus menyentuh temannya yang ada di garis penjara benteng B, anggota tertangkap yang sudah tersentuh tim penyelamat maka harus berlari menyelamatkan diri sampai ke bentengnya (benteng A). namun anggota benteng B tetap bisa menangkapnya lagi, para pembaca inget ya lagi-  lagi harus menyalakan setatus "on" terlebih dahulu. (inget ya siapa yang dulu menyentuh bentengnya adalah statusnya menjadi off jika berhadapan dengan  yang baru menyentu benteng. jika masih tidak jelas tak beri contoh lagi tenang saja : jika anggota A 1 (satu) detik yang lalu menyentuh bentengnya maka setatusnya off jika berhadapan dengan anggota B yang baru saja menyentuh bentengnya.)

saya rasa para pembaca sudah lebih memahami isi permainan ini , intinya drama penyelamatan dan penguasaan benteng adalah misinya, dan lari berkejar kejaran adalah bumbu keramain permainan ini.

selamat mencoba jika kurang jelas bisa bertanya di kolom coment, buku tamu atau langsung ke kontak kami,.


jika ada yang kurang monggo dikasih tambahan .,, hehe selamat mencoba...!!



  1.   PAL - PALAN (PEMBELAAN)

Permainan ini pada dasarnya adalah permainan petak umpet yang mana satu pemain mencari beberapa tanggota yang bersembunyi di suatu tempat.


  • Banyak Pemain 
              Permainan ini tidak terbagi menjadi 2 tim atau beberapa tim tetapi yang jelas satu pemain mencari beberapa pemain yang bersembunyi., berarti lebih banyak lebih seru.
  • Waktu Permainan 
Permainan ini bisa dilakukan kapan saja, tetapi kalo saya waktu kecil dulu lebih seru dilakukan malam hari selepas sholat isya' dipelatarn rumah. lebih menyentu kebersamaan di tambah sinar bulan purnama yang terang. hehe jadi keinget..
  • Alat Permainan
Alat permainan ini cukup menggunakan satu lingkaran seperti pada gambar "A" atau  1 tiang saja yang kokoh. seperti tiang teras rumah, pohon-pohon besar dan lain-lain. (Contoh liat gambar B). dan beling "pecahan genteng".
  •  Cara permainan
Cara permainannya sangat mudah, pertama - tama seperti biasa  kumpulkan teman-temanmu ,
Sebelumya seperti biasa harus menyiapkan arena permainan.,( lihat gambar diatas pilih gambar A atau gambar B ) cari arena yang lapang tetapi jika tidak terlalu luas juga tidak apa- apa. , jika sudah siap semua maka kita bisa memulainya.
permainan ini cukup mudah dilakukan , jika arena sudah siap maka para pemain berdiri diatas garis yang sudah disiapkan sambil membawa beling " pecahan gendeng tadi " yang digunakan untuk mengundi siapa yang menjadi pencari. nah setelah berdiri diatas garis dan membawa belink, maka para pemain melemparkan kelingkaran untuk cara gambar A, dan melempar ke tiang untuk gambar B. disini lah penentuan siapa yang bekerja untuk mencari anggota yang bersembunyi. misal kita ambil contoh gambar A dulu maka siapa yang melempar tidak masuk ke dalam lingkaran adalah yang bertugas mencari. tetapi jika ada 2 orang atau lebih yang tidak masuk kedalam lingkaran pada saat melempar maka di ulang melempar secara ber barengan sampai siapa yang terakhir masih belum bisa memasukkan belinknya kedalam lingkaran. namun jika menggunakan cara pada gambar B cukup mudah jarak lemparan terjauh dari tiang dia lah yang menjadi pencari. bagaimana pembaca sudah paham dalam pengundian siapa yang sebagai pencari.

Kemudian permainan selanjutnya adalah petak umpet. dimulai dengan seseorang yang mencari menghitung mundur 10 (sepuluh) sampi 1 atau perhitungan maju 1 ( satu) sampai (10)sepuluh. terserah anda lah,. hehe. kemudian teman teman yang berhasil memasukkan belinknya  ke lingkaran atau jarak lemparan lebih dekat dengan tiang mereka lah yang bersembunyi dengan kesempatan bersembunyi sesuai hitungan. nah setelah hitungan mundur atau maju tadi . si pencari wajib mencari teman-teman yang bersembunyi sampai ketemu semua oia pada saat si pencari melihat seseorang , si pencari wajib menyebut nama dan berlari ke lingkaran atau menyentuh tiang (sambil menyebut PAL atau PEMBELA). jika seserorang yang dicari sudah di sebutkan namanya harus lari menuju lingkaran atau tiang juga ( sambil sebut PAL atau PEMBELA juga). nah ternyata yang disebut namanya lebih dulu sampai kelingkaran atau ke tiang maka itu adalah buat bekal (aman) step permainan berikutnya.

Setelah sudah di ketemukan semua. kemudian para pemain berkumpul dan membuat barisan di tiang diawali dari si pencari sambil meng hadap tiang dan di ikuti secara acak para pemainnya (lihat gambar C). tahap ini adalah cara pengundian kedua setelah permainan awal tadi. si pencari sambil menutup mata atau menghadap ke tiang sambil menyebut acak no urut yang ada dibelakangnya. jika nomor urutnya disebut dialah yang menjadi si pencari berikutnya, nah jika yang di sebut adalah orang yang tadi PAL atau PEMBELA yang lebih dulu dari pada si pencari maka dia slamat. dan si pencari lagi lagi menjadi sang pemburu., hehe (kadang kasian sampek peceret).

Tetapi jika menggunakan cara gambar A maka cukup mengundi dengan cara melempar belink lagi.,,


selamat mencoba jika kurang jelas bisa bertanya di kolom coment, buku tamu atau langsung ke kontak kami,.


jika ada yang kurang monggo dikasih tambahan .,, hehe selamat mencoba...!!



  1.   GRIM -GRIMAN (GAME -GAME-AN)

Permainan ini pada dasarnya adalah permainan kejar - kejaran tetapi cara penangkapannya bukan menggunakan tangan namun menangkapnya dengan cara  menumbukkan atau melempar bola kecil ke punggung lawan, dalam permainan ini juga harus berkonsentrasi dalam menumpuk batu pipih atau beling ( pecahan gendeng).
 



  • Banyak Pemain 
              Permainan ini  terbagi menjadi 2 tim terdiri dari minimal dalam satu tim adalah 2 orang .
  • Waktu Permainan 
Permainan ini biasanya  dilakukan pada pagi hari atau sore hari yang jelas pas libur sekolah siang juga boleh kalau mau kepanasan.
  • Alat Permainan
Alat permainan ini cukup mudah didapat yaitu batu pipih atau beling (pecahan gendeng) yang ber jumlah 8 - 10 buah yang strukturnya  harus bisa ditumpuk seperti gambar di atas dari besar keatas adalah batu paling kecil. dan satu lagi alatnya yaitu satu bola kasti , kalu tidak ada bola kasti gulungan dari kumpulan kantong plastik (kresek) yang berbentuk bola juga bisa. untuk alatnya cukup mudah didapat bukan.
  •  Cara permainan

Cara permainannya sangat mudah, pertama - tama seperti biasa  kumpulkan teman-temanmu ,dan bentuk formasi melingkar, kemudian lakukan "hompimpa" (untuk mengundi) membagi beberapa orang menjadi 2 tim saja.
Sebelumya seperti biasa harus menyiapkan arena permainan.,( lihat gambar kecil diatas ) cari arena yang lapang  , jika garis dan tumpukan batu sudah siap maka kita bisa memulainya.
permainan ini cukup mudah dilakukan , jika sudah dibagi menjadi 2 (dua) tim maka segera melakukan pingsut (sut) untuk menentukan tim mana yang lebih dahulu melempar bola ke tumpukan batu.

jika sudah diketahui tim mana yang melempar bola ke tumpukan batu. untuk mempermudah penjelasan kami gunakan istilah tim A untuk yang memulai lemparan ter lebih dahulu, dan tim B otomatis menjadi penangkap ( cara penangkapan sudah kami jelaskan diatas , kami ulang lg yaitu menggunakan bola yang di tumbukan ke punggung tim A).
karena tim A yang melempar maka tugas tim A adalah menjatuh kan bola dengan lemparan kemudian menatanya kembali sampai tertumpuk semua batunya. nah disini serunya adalah ketika tim A akan menumpuk kembali batu yang sudah terjatuh tadi, sementara tim B menjaga agar anggota tim A tidak berhasil menumpukkan batu-batu tersebut dengan cara menumbukkan bola ke punggung anggota tim A jika tumbukan meleset dan menjauh maka kesempatan Tim A akan lebih banyak untuk menyusun batu tersebut . dan jika sudah tertumpuk semua maka anggota tim A yang berhasil menumpuk sambil menyebut "grim/game" dan mendapat nilai 1 atau 10 sesuai kesepakatan bersama. oia jika anggota tim A ada yang ter kena tumbukan sebelum batu di susun maka dia sudah tidak bisa membantu temannya untuk menyusun batu. dan lagi jika batu sebelum tersusun tetapi anggota tim A sudah tertumbuk semua maka giliran tim B yang melakukan lemparan.

selamat mencoba jika kurang jelas bisa bertanya di kolom coment, buku tamu atau langsung ke kontak kami,.


jika ada yang kurang monggo dikasih tambahan .,, hehe selamat mencoba...!!
Lihat juga permainan desa kembangan yg lain "klik"disini








No comments:

Post a Comment