Monday 21 July 2014

Taman kanak-kanak Desa Kembangan

image by TK desa kembangan
Taman kanak-kanak atau disingkat TK adalah jenjang pendidikan anak usia dini (yakni usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal.

Kurikulum TK Kembangan ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Lama masa belajar seorang murid di TK Kembangan biasanya tergantung pada tingkat kecerdasannya yang dinilai dari rapor per semester. Secara umum untuk lulus dari tingkat program di TK selama 2 (dua) tahun, yaitu:
  • TK 0 (nol) Kecil (TK kecil) selama 1 (satu) tahun
  • TK 0 (nol) Besar (TK besar) selama 1 (satu) tahun
Umur rata-rata minimal kanak-kanak mulai dapat belajar di sebuah taman kanak-kanak berkisar 4-5 tahun sedangkan umur rata-rata untuk lulus dari TK berkisar 6-7 tahun. Setelah lulus dari TK, murid kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi di atasnya, yaitu Sekolah Dasar (SD), atau Madrasah Ibtidaiah (MI).

Pembelajaran di TK Kembangan
Di TK Kembangan, siswa diberi kesempatan untuk belajar dan diberikan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan usia pada tiap-tiap tingkatannya. Siswa diajarkan mengenai hal-hal berikut ini:
    Untuk agar menjadi lebih seru dan menarik biasanya  para guru mengadakan kegiatan berbagai lomba seperti menyanyi, menggambar dan lain - lain. Oia ada yang seru lagi biasanya untuk meramaikan acara ulang tahun anak-anak para orang tua merayakannya di sekolah TK desa kembangan yang pastinya diramaikan oleh teman anak-anak yang lain.

    Tujuan TK Kembangan
    Tujuan TK Kembangan adalah meningkatkan daya cipta anak-anak Warga desa kembangan dan memacunya untuk belajar mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan melalui pendekatan nilai budi bahasa, agama, sosial, emosional, fisik, motorik, kognitif, bahasa, seni, dan kemandirian. Semua dirancang sebagai upaya mengembangkan daya pikir dan peranan anak dalam hidupnya. kegiatan belajar ini dikemas dalam model belajar sambil bermain.

    Meskipun di Indonesia tidak mewajibkan seseorang untuk menempuh pendidikan TK, tetapi menurut admin sekolah TK sangat perlu bagi anak-anak warga desa kembangan.Sehingga saran admin kalau punya anak-anak yang sudah usia sekolah TK ya sekolahkan lah, dan kalo bisa ke TK desa kembangan saja.

    Sekian dari admin desa kembangan..

    No comments:

    Post a Comment