Thursday 17 July 2014

SAHIR " Sang Legenda Mancing Iwak betik"

Bpk sahir sang legenda


Alhamdulillah admin bisa mengangkat cerita tentang sang legenda mata pancing, yaitu bapak sahir beliau berkediaman di rumah sederhana di RT 2 bagian selatan belakang rumah bapak H. Suraman.

Pada masa mudanya atau masa sehatnya beliau sangat tekun dengan hobinya memancing, meski hanya hobi beliau hampir setiap hari berangkat memancing yang mana hasilnya untuk tambahan kebutuhan didupnya karena beliau hanya seorang petani biasa.

Admin mempunyai alasan mengapa mengangkat crita dari sang legenda desa kembangan  ini karena di dalam perjalanan hidupnya lebih khususnya pada saat memancing mempunyai nilai - nilai positif yang nantinya bisa menjadi motivasi untuk kita semua., amiin

Pada masanya bapak lima orang anak ini (kalo gak salah ngitung anake hehe) sangat piawai dalam memancing, setiap pulang dari memancing pasti ratusan ikan betik/betok berhasil dibawah pulang.

Keunikan memancingnya adalah berbeda dengan para pemancing lainnya ketika mendapat ikan yang ber ukuran kecil pasti di lepas kembali dengan iklas, harapan kelak ikan tersebut bisa besar dan akan di pancingnya lagi. tidak seperti zaman sekarang setrum ikan merajalela, ikan kecil- kecil sudah pasti mati dan tidak ada ikan besar "lopang" untuk zaman sekang.

Pertanyaanya rahasianya apa? pasti kita bertanya tanya sebelumya.. nah disini admin akan sedikit mengungkap rahasia dari bapak sahir dalam memancing,. ( dulu pernah sempat berbincang pada saat beliau masih sehat).

Biasanya bapak sahir setiap memancing pasti menggunakan mata pancing ciptaanya sendiri, bentuk bisa dilihat di gambar atas mata pancing yang bernama "sahir", beliau sangat kreatif dalam membuat mata pancingnya, biasanya warna putih warna mata pancingnya.

Ada sedikit cerita tentang mata pancing ciptaan bpk sahir tersebut. saking terkenalnya warga desa sebelah ada yang menganggap semua mata pancing yang berwarna putih itu adalah pancing sahir. padahal bpk sahir hanya memproduksi beberapa saja sesuai pesanan bukan produksi masal. anggapan itu saya tangkap saat saya kebetulan juga beli mata pancing di toko wak Haji Mari. " pak tuku pancing sahir" ucap warga desa sebelah itu.

Admin turut bangga dengan adanya pemancing ulung di Desa kembangan yang kita cintai ini, oia melanjutkan rahasia dari sang legenda, biasanya bapak sahir memancing di tempat yang sepi tempat andalanya adalah jublang miru,.

Biasanya bapak sahir juga menggunakan gaya batu istiqomah dalam memancingnya, yaitu istiqomah di suatu tempat. beliau ketika memancing tidak akan berpindah pindah , jika sudah memancing di satu lobang klorak, atau bengok beliau tidak akan beranjak sampai dia merasa lelah.

Sebenarnya masih banyak rahasianya, dari berdoa dan bersabar juga kunci dari memancing ,
untuk mitos hitungan kail "walesan" pos - maos- panggang - pecel jangan di percaya , karena setiap rejeki semua sudah digariskan Allah SWT. tegasnya.

kediaman Almarhum Bapak Sahir image by mas kozin
Crita diatas adalah sedikit rahasia dari sang legenda, nah disini admin akan critakan lagi kejadian unik pada saat pembeli hasil pancingannya bapk sahir  berebut ikan yang besar-besar itu.
biasanya setiap pulang dari memancing bapk sahir sudah di tunggu banyak calon pembeli dari warga  RT 1 sampai warga RT 7 . ke unikan cara menjualnya adalah ketika bapak sahir sampai di halaman rumah " latar" beliau langsung menyiratkan ikan - ikannya dari embernya ke halaman rumahnya untuk direbutkan oleh calon pembeli, dan pembeli membayarnya sesuai ikan yang didapat.

Pasti pembaca bertanya - tanya kenapa harus di siratkan, . katanya karena kalau di jual sesuai permintaan calon pembeli pasti sudah habis di pembeli pertama atau pembeli diawal - awal. biar adil siapa yang pengen ikan enak ya berusaha dulu. Tetap saja para pembeli antusias meski tangan terkena duri ikan saat berebut.

Itu sekilas tentang sang legenda mancing, ada beberapa ilmu yang dapat kita petik dari sana, manusia harus, kreatif, berusaha, ikhlas istiqomah, berdoa , sabar, dan juga jangan percaya akan kesaktian mitos karena kekuatan hanya pada Allah SWT.

Akhir kata dari admin semoga Almarhum bapak sahir yang meninggal di tahun 2014 ini diterima disisinya.. amiin
Lihat juga cerita rakyat desa kembangan yg lain "klik"disini




No comments:

Post a Comment