Saturday 18 April 2015

Program Subsidi Pupuk Bagi Petani _ Desa Kembangan

Image by Pak kades Mashuda
Mungkin sampai sekarang kendala yang di hadapi oleh petani adalah pada saat menggarap sawahnya yang dihadapkan dengan pupuk yang mahal. Tetapi hal itu mungkin sudah tidak akan menjadi masalah yang mencemaskan lagi bagi para petani, karena pada hari selasa , 14 April 2015 , Sejumlah pupuk yang dibutuhkan para petani sukses didatangkan dari petrokimia Gresik.

Image by pak kades mashuda
Kedatangan pupuk - pupuk itu merupakan subsidi harga , Maksudnya para petani dapat membeli pupuk - pupuk tersebut dengan harga miring . Lewat tangan, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) bekerja sama dengan Lumbung Pangan.

Saat pembayaran pupuk pun dirasa warga sangat membantu dan sangat meringankan warga kerena pupuk yang di beli dibayar pada saat panen.

Image by pak kades mashuda
Pupuk - pupuk yang di datangkan pada hari selasa itu , langsung di bagikan kemasyarakat pada hari itu juga. Para petani dengan senyum yang khas menyambut pupuk - pupuk berkarung - karung itu, dengan rincian Jenis dan banyak pupuknya pun bervariasi , PONSKA 350 karung, SP 355 karung, UREA 550 karung , ZAT A 150 karung dan ORGANIK 99 Karung.


Image By pak kades mas huda
Untuk pengiriman pupuk dalam satu tahun terdapat dua kali pengiriman : Pertama : Pengiriman untuk tanam pertama biasanya bulan 11 atau 12 . dan Kedua   : Pengiriman untuk tanam kedua biasanya bulan 3 atau 4.

Image by pak kades mas huda
Tidak hanya pupuk itu saja , setelah dua kali tanam padi para petani di pinjami uang untuk persiapan tanam kacang , dan uangnya digunakan untuk membeli obat. Kisaran besar uang yang diberikan relatif sesuai luas garapan petani semakin banyak garapan - semakin banyak juga pinjaman.

Image by pak kades mashuda
" Pinjaman tersebut berbunga 1.5 % , yang penting anta rodin " ungkap pak kepala desa Mashuda,  dan bunga tersebut masuk ke pendapatan desa melalui pengelolaan lumbung. Keberadaan sistem seperti itu agaknya sangat membantu, pemasukan lewat pengelolaan lumbung bisa digunakan untuk pengembangan petani serta bisa juga dimanfaatkan untuk infrastruktur desa. Sekedar info , Uang yang di kelola lumbung kurang lebih pencapai 210 juta saat ini.

Image by pak kades mashuda
Sampai disini dulu kabar - kabarnya semoga bermanfaat bagi kita . Mungkin dengan artikel ini khususnya para pemuda warga desa kembangan yang merantau bisa mendapat wawasan baru pristiwa pertanian di desa kembangan.

No comments:

Post a Comment