Friday 4 July 2014

Memanfaatkan Tanah sebelah barat balai desa dijadikan Taman desa. sekedar mimpi ... lho!!

 Pertama tama admin meminta izin pada bapak kepala desa beserta jajarannya untuk sekedar berhayal saja kalau terealisasi ya sukur alhamdulillah.
Pada halaman ini saya menulis sebuah karangan yang bernuansa khayalan semata jadi kalau minat ya lanjutkan membacanya. hehe
Sejalan dengan perjalan waktu yang semakin moderen desa kita ini semakin perlu perhatian . misal dulu masih banyak pohon - pohon besar ditengah desa yang rimbun dan banyak orang atau anak bermain dibawahnya sekedar jandon atau guyonan dengan harapan diterpanya angin sepoi sepoi.. "semriwiiing", namun yang kita dapatkan saat ini adalah panas seperti dikota kota besar.
Nah  kampung kita ini adalah desa jadi harus pertahankan makna desa itu sendiri, sejuk, asri , suara burung yang bernyanyi menjadi musik alami. itu semua harus kita pertahankan.
Sekedar hayalan saja , bagaimana kalau kita bangun "taman bermain desa" di sebelah barat balai desa kembangan, karena saya lihat bertahun tahun mungkin bahkan dari kita sebelum lahir tanah disebelah balai desa itu tidak jelas fungsinya jadi bagaimana kalau kita manfaatkan saja., hehe walau hanya hayalan, saya akan tetap melanjutkan tulisan ini, dengan harapan semoga menjadi wacana kedepan desa kembangan yang kita cintai ini.
 Sekali lagi walau hanya hayalan tapi saya akan sedikit menerangkan beberapa manfaatnya:

1. Fungsi Ekologis

Taman Desa sebagai penjaga kualitas lingkungan desa. Dengan adanya penghijauan maka taman desa dapat berfungsi sebagai:
  • Paru-paru desa yang menghasilkan banyak O2, Dalam proses foto sinteisis yang dihasislkan oleh taman desa gas Oksigen yang sangat diperlukan untuk pernafasan manusia dan hewan. Sehingga udara didesa diharapkan bisa segar karena banyak Oksigen (O2) yang dihasilkan oleh taman desa.
  • Filter debu dan asap kendaraan bermotor, sehingga dapat meminimalisir polusi udara yang lambat laun akan mengancam pedesaan.
  • Peredam kepenatan warga desa yang padat aktivitas. selesai dari rowo macol atau nambak bisa bersantai disana.
  • Pelestarian lingkungan ekosistem. “Kondisi yang langka mendengar cicit burung di lingkungan perdesaan saat ini”.

2. Fungsi Sosial
  • Sebagai tempat komunikasi sosial
  • Sebagai sarana olahraga, bermain, dan rekreasi
  • Sebagai landmark sebuah desa.
  • Menambah nilai estetika sebuah lingkungan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah desa kembangan.




Pentingkah Taman Desa…?
Sebuah pertanyaan bodoh, karena dilihat dari fungsi dan manfaat yang ditimbulkan dari sebuah taman desa, taman desa seharusnya menjadi poin penting dalam perencanaan sebuah desa.

Karena selain berfungsi untuk menjaga kualitas lingkungan pedesaan yang mulai berubah ke arah yang jauh dari asri, taman desa dapat menumbuhkan rasa sosialis yang tinggi di dalam lingkungan pedesaan yang kini mengarah pada individualis. Menumbuhkan rasa toleransi, tidak hanya terhadap sesama manusia melaikan terhadap mahkluk hidup lainnya. Taman yang baik merupakan cerminan desa dengan manusia (masyarakat) yang baik. Manusia (masyarakat) merupakan aspek penting dalam sebuah desa, sehingga kualitas manusia (masyarakat) akan mempengaruhi kualitas sebuah desa .
.


 Jadi keberadaan taman desa itu penting banget bukan… oia didepan taman tersedia telogo yang sangat banyak ikannya , jadi sembari menunggu anak anak bermain para orang tua bisa memancing disana. kebersamaan warga desa kembangan akan menjadi indah di mata desa lain.. amiiiiin

Salam warga desa kembangan.

Lihat juga Khayalan desa kembangan yg lain "klik"disini

No comments:

Post a Comment