Monday 21 January 2019

-(( Syafa’at Rosulullah صلى الله عليه وسلم ))-



Masih di indahnya ngaji jarak jauh sareng Ustadz Yusron Hasan bin H. Ah Mansur, pada mimbar dakwa cangkru'e Desa Kembangan. Kali ini ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul " Syafa’at Rosulullah   صلى الله عليه وسلم ".

Monggo ngaos sareng Ustadz Yusron...


Syafa’at Rosulullah   صلى الله عليه وسلم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم
 وينالون شفاعته يوم القيامة وأكبرشفاعته صلى الله عليه وسلم الشفاعة العظمى في فصل القضاء
Artinya : Dan Orang-Orang beriman juga akan mendapatkan syafaat  dari Beliau ( Rosulullah صلى الله عليه وسلم   )  di Hari Kiamat dan Syafaat terbesar dari Rosulullah صلى الله عليه وسلم  adalah As-Syafaatul Udhma untuk memutuskan hukuman.

Maksudnya :
Besuk di Hari Kiamat semua Orang Mukmin akan mendapatkan syafa’at ( Pembelaan/Pertolongan ) dari Rosulullah  صلى الله عليه وسلم  dengan berbagai macam cara karena Syafa’at Rosulullah  صلى الله عليه وسلم  itu ada bermacam-macam antara lain :

1.      Syafa’atul Udhma untuk memutuskan hukuman
2.      Syafa’at untuk memasukkan kaum ke sorga tanpa dihisab
3.      Syafaat untuk orang-orang yang seharusnya masuk neraka tapi kemudian tidak jadi dimasukkan ke neraka,
4.      Syafa’at untuk meningkatkan derajat di sorga.

Dari beberapa syafa’at tersebut yang paling besar adalah syafa’atul Udhma yaitu : syafa’at untuk membebaskan manusia dari kepayahan yang terjadi di padang mahsyar.

Diceritakan bahwa besuk di padang mahsyar ketika semua manusia dibangkitkan dari kubur dan dikumpulkan di mauqif ( tempat berhenti ) maka manusia akan merasakan kesengsaraan yang luar biasa selama bertahun-tahun sampai mereka berharap terbebas dari kesengsaraan tersebut sekalipun harus masuk neraka

Dalam keadaan merasakan kesengsaraan tersebut akhirnya para pimpinan kaum pergi mencari pertolongan dengan mendatangi beberapa Nabi yaitu : Nabi Adam عليه السلام, Nabi Nuh عليه السلام, Nabi Ibrahim عليه السلام, Nabi Musa عليه السلام dan Nabi Isa عليه السلام tetapi tidak satupun dari Para Nabi tersebut ada yang bisa menolong karena mereka takut kepada Allah سبحانه وتعالى dan merekapun mengkhawatirkan diri mereka masing-masing.

Setelah menemui Para Nabi tersebut dan ternyata tidak bisa menolong maka para pimpinan kaun-pun mencari Rosulullah  صلى الله عليه وسلم  dan Beliaulah yang pertama kali memberi syafa’at yang disebut dengan As-Syaf’atul Udhma atau disebut juga As-syafa’atul Kubro.
Disebut dengan Asy-Syafa-tul Udhma karena syafa’at tersebut dirasakan oleh semua Makhluk,baik manusia ataupun jin,baik orang yang beriman ataupun orang kafir,baik umat Rosulullah  صلى الله عليه وسلم  ataupun umat Nabi-Nabi yang lain.

Asy-Syafa’atul Udhma merupakan permulaan tempat di mana Rosulullah  صلى الله عليه وسلم  dipuji oleh semua makhluk dari yang pertama sampai dengan makhluk yang terakhir, dan berakhir sampai dengan ditempatkannya penghuni sorga di sorga, dan ketika itu semua Nabi dan Rosul berada di bawah bendera Rosulullah  صلى الله عليه وسلم .

Setelah adanya Asy-Syafa’atul Udhma maka baru kemudian para Nabi akan memberi syafa’at kepada umat mereka masing-masing, begitu pula para Wali, para Orang Sholeh akan memberi syafa’at kepada pengikut dan keluarga mereka, Para orang tua akan memberi syafa’at kepada anak-anak mereka dan sebaliknya anak-anak akan memberi syafa’at kepada orang tua mereka.
Semoga kita termasuk dari golongan orang yang akan mendapatkan syafa’at dari Rosulullah  صلى الله عليه وسلم  dan juga termasuk dari golongan orang yang akan bisa member syafa’at kepada orang lain besuk di akherat,amiin.

والله أعلم بالصواب
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber :1. الرياض البديعة  karya : Syaikh Muhammad Hasbullah
            ..2.   فتح تلمجيدKarya : Syaikh Muhammad Nawawi bin UmarAl-Jawi

No comments:

Post a Comment